Cari Materi

Memuat...

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pertemuan 7 - 8. Metodologi Penelitian " Penyajian dan Pengolahan Data "


Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian menggunakan dua jenis data. yaitu :
1. Data Primer
Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data yang diperoleh langsung dari para mahasiswa pengguna internet, terdiri dari tahapan berikut :
a. Kuisioner
Yaitu beberapa pertanyaan yang diberikan kepada narasumber untuk memberikan jawaban atas kuisioner yang telah disiapkan guna memberikan respon dan tanggapan terhadap pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi di bidang akademik bagi mahasiswa/i
b. Observasi/Studi Lapangan
Observasi tersebut dilakukan secara langsung kelapangan. Di samping itu data juga diperoleh dari wawancara dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian tersebut.

2. Data Sekunder / Studi Pustaka
Pada studi pustaka ini penulis mendapatkan landasan teori, definisi dan konsep yang berhubungan dengan analisis pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi di bidang akademik mahasiswa/i. Dasar-dasar teoritis ini diperoleh dari panduan-panduan maupun tulisan-tulisan lainnya yang erat kaitanya dengan penelitian ini.


Metode Penarikan Sampel

CONTOH :
Populasi
Populasi merupakan organisasi yang menjadi objek penelitian. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah beberapa mahasiswa  Jurusan Teknik Sipil  2012  UMPAR Populasi ini berjumlah 20 sampel diambil secara random.
Sampel
Sampel ialah bagian dari subyek atau objek yang bisa menggantikan populasi.  Teknik penarikan sampel yang dilakukan dengan cara Simpel Random Sampling dengan cara mengambil sample dengan memberi kesempatan yang sama untuk dipilih bagi setiap mahasiswa dalam keseluruhan populasi. Cara yang dilakukan peneliti untuk melakukan simple yang diambil secara random sampling yakni mengambil secara undian atau lotre.
Dari jumlah populasi yang terdiri dari 20 orang, maka untuk penarikan sampelnya peneliti mengambil 14% dari jumlah populasi. Sehingga yang menjadi sampel adalah :

(14/100) x 20 = 2.8 %
maka jumlah responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang.

 PENGOLAHAN DATA
Di bawah ini terdapat Tabel yang menunjukkan data dari pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi akademik mahasiswa/i TeknikSipil 2012 UMPAR.
Tabel 1.1
N0 RESPONDEN
PENGARUH INTERNET
FREKUENSI
PRESTASI AKADEMIK
FREKUENSI
Y
T
SB
B
KB
TB
1
9
2
11
5

2

7
2
8
6
14

4
1

5
3
9
4
13
4
3


7
JUMLAH
38

19

ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Hipotesis penggunaan internet mempunyai pengaruh terhadap prestasi dibidang akademik mahasiswa/i teruji atau dapat diterima
secara empiris. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Persamaan umum regresi sederhana adalah :

Y = a +bx

Keterangan:
Y = subyek dalam variabel yang diprediksikan
a = harga Y, bila x = 0 (harga konstan)
b = angka arah/ koefisien regresi yang menunjukkan peningkatan atau penurunan variabel dependen. Apabila b positif (+) = naik dan bila  b minus (-) = turun x = subyek pada variabel independen yang mempunyai nilai tertentu. Harga a dan b dapat dihitung dengan:
Penghitungan dari suatu penelitian mengenai pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi dibidang akademik mahasiswa/i Teknik Sipil 2012 UMPAR.
Tabel 1.2
NO RESPONDEN
PENGARUH INTERNET
( X )
PRESTASI AKADEMIK ( Y )
X,Y
X2
Y2
1
11
7
77
121
49
2
14
5
70
196
25
3
13
7
91
169
49
Jumlah
38
19
238
486
123

Maka untuk mencari harga a dan b adalah sebagai berikut:
Persamaan linear sederhana dari pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi dalam bidang akademik mahasiswa/i Teknik Sipil 2012 UMPAR. sebagai berikut :

Y=a+bx
Y = 13,57 + (-
5,71)x

HASIL PENGUJIAN HIPOTESIS
Dari persamaan regresi diatas bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif atau terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi di bidang akademik mahasiswa/i Teknik Sipil 2012 UMPAR.
Hasil penelitian ini juga didukung teori-teori yang dikemukakan terlebih dahulu bahwa internet mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap pemakainya. Hal ini dikarenakan menggunakan akses internet akan mempermudah bagi mahasiswa/i dalam mencari referensi dalam membuat dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah.
Faktor lingkungan sosial ikut menentukan besarnya pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi di bidang akademik juga teruji secara signifikan. Dalam hal ini lingkungan sosial juga ikut memperbesar pengaruh prestasi dalam bidang akademik mahasiswa/i. Faktor lingkungan sosial juga mempunyai hubungan yang positif.

Kesimpulan 
..................????

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar